Cara praktis Memotong/memperpendek/mencopot jalu

Cara praktis Memotong jalu - Jalu adalah senjata yang digunakan ayam saat berlaga diarena sabung ayam.Kadang kita sering susah mencari lawan tanding atau istilahnya Gandeng bila ayam kita mempunyai jalu yang panjang.Karena mungkin musuh akan takut karena jalu ayam kita terlalu panjang.
Nah untuk itu kita harus mensiasati agar jalu ayam kita tidak terlalu panjang,salah satunya dengan cara dipotong atau dicopot.
Disini saya akan mencoba memberikan tips praktis cara memperpendek jalu dengan dicopot,biar ayam kita kelihatan muda lagi walau sudah tua.hehehe.


Cara praktis memotong/mencopot jalu adalah:
  1. Siapakan alat dan bahannya,antara lain:Buah pepaya muda,atau kentang,atau mungkin bisa pisang lalu tang.Disini saya sudah mempraktekkan dengan kentang.
  2. Panaskan atau bakar kentang tersebut diatas kompor yang menyala sampai terasa panas.
  3. Pegang kaki si ayam dan masukkan atau tancapkan masuk jalu ayam tersebut dan biarkan hingga ayam merasa kepanasan dan berontak.Ulangi mungkin 2x.
  4. Setelah pengulangan tersebut,siapkan Tang dan langsung Tang jalu si ayam dengan cara diputar sambil ditarik/dijabut jalu tersebut.Niscaya jalu akan terlepas dengan mudah.
  5. Setelah itu beri yodium/antibiotik dijalu tersebut,dan diamkan.Darah akan mengalir tapi hanya sebentar dan akan membeku.

Dari proses tersebut mungkinayam istirahat sekitar 1-1,5bulan tergantung kondisi si Ayam.Dan jalu ayam anda akan menjadi pendek ayam andapun akan menjadi kelihatan muda kembali.

Selamat mencoba.
Salam suksess!!

Artikel Menarik Lainnya: