Cara menghilangkan Bubul pada ayam aduan

Cara menghilangkan Bubul pada ayam aduan - Penyakit bubul adalah pada telapak kaki ayam.Penyakit ini disebabakan oleh luka-luka dibagian kaki yang kemudian membengkak dan akhirnya mengeras.

Hal ini bisa disebabkan lantai kandang yang kasar /tajam atau karena bertarung dengan ayam lain.Bisa jadi juga karena ayam sering turun dengan secara lompat yang terlalu tinggi dari tenggeran.
Gejala yang terlihat adalah pengerasan pada telapak kaki sehingga ayam menjadi pincang ketika berjalan.

Jika itu sudah terjadi,biasanya peternak dapat melakukan pembedahan pada bagian yang luka.Pembedahan bubul dilakukan pada waktu bagian yang sakit itu sudah dingin (tidak panas lagi).Daerah perbatasan antara jari dan paha diikat kencang supaya tidak terjadi pendarahan saat dibedah. Disini saya coba penanganan untuk kondisi bubul yang terlampau parah.

Cara menghilangkan Bubul pada ayam aduan :
  1. Sebelum dibedah,cuci dahulu dengan alkohol atau zat antibiotik lainnya supaya bagian yang luka tidak terjadi infeksi pada kaki yang dibedah.
  2. Pembedahan dimulai dengan menyayat kulit kaki yang membengkak.Untuk menyayat bagian itu,bisa menggunakan silet atau pisau yang tajam yang sebelumnya sudah dibersihkan dengan alkohol.
  3. .Penyayatan dilakukan sampai pada gumpalan nanah kering,sehingga kotoran lain dalam telapak yang bengkak bisa mudah dikeluarkan.Buka sayatan selebar-lebarnya sehingga gumpalan anah kering bisa dikeluarkan.
  4. Selanjutnya telapak kaki yang membengkak dikuret dan seluruh isinya dikeluarkan.Biasanya pada isi luka tersebut akan ditemukan nanah yang sudah mengering dan berbentuk bulatan.
  5. Seluruh kotoran harus dikeluarkan sampai bersih.Jika tidak bersih akan memunculkan kembali Bubul tersebut.
  6. Darah yang keluar akibat urat yang terpotong harus dibersihkan sampai darah tidak mengalir lagi.Selanjutnya taburkan bedak pembunuh kuman/kopi bubuk hitam untuk menghindari terjadinya infeksi.
  7. Bagian yang disayat diolesi yodium secara merata agar kuman tidak masuk kedalam luka.
  8. Luka ditutup dengan kapas secukupnya ,lalu ikat dengan perban/kain kasa sehingga ayam tidak akan merasa terganggu saat berdiri dan berjalan.
Itulah sedikit tips Cara menghilangkan Bubul pada ayam aduan yang bisa saya bagikan,semoga bermanfaat dan bisa untuk bahan bacaan.Terimakasih.

Salam Suksess!!

Artikel Menarik Lainnya: