Ciri dan keunggulan ayam Birma (asli)

Ciri dan keunggulan ayam Birma  - Setelah lama kita membahas mengenai ayam bangkok, kini saatnya kita membahas mengenai ayam birma. apakah anda sudah tahu apa itu ayam birma itu ? Ayam birma / burma adalah perpaduan antara ayam bangkok thailand dengan ayam myanmar.

Ayam birma ini juga mempunyai teknik bertarung yang sangat cerdik/pintar dan mempunyai akurasi pukulan yang hampir mendekati sempurna.


Berikut ciri ciri ayam birma / burma (asli) :

1. Ayam birma / burma ori atau F1 mempunyai ciri jari keci dan panjang
Meskipun jari kecil dan panjang, tetapi untuk pukulanya, ayam birma ini sangat keras dan tepat sasaran.

2. Ayam birma / burma ori atau F1 mempunyai bentuk tubuh mirip ayam kampung
Nah ini yang kadang bikin kta bingung untuk membedakan antara ayam kampung dengan ayam birma. Karena postur tubuh yang mirip ayam kampung inilah membuat ayam birma menjadi gesit dan sulit dikalahkan.

3. Ayam birma / burma ori atau F1 biasanya berat tubuhnya dibawah 3 kg
Dengan berat tubuh yang relatif kecil ini, membuat ayam birma pergerakanya lincah, sulit diprediksi dan tentunya membuat ayam lawan kebingungan dalam menghalau serangan ayam birma.

4. Ayam birma / burma ori atau F1 biasanya jenis bulunya berwarna kuning merah, merah hitam
Perpaduan warna ini bisa membedakan antara ayam bangkok dengan ayam birma. Memang warna bukan menjadi patokan, tetapi setidaknya secara kasat mata kita bisa melihat bahwa itu ayam birma atau ayam bangkok.

5. Ayam birma / burma ori atau F1 mempunyai struktur tulangan kecil dan agak tipis
Dengan bentuk tulangan ringan ini, membuat ayam birma cenderung lugas dan lincah.

6. Ayam birma / burma ori atau F1 mempunyai gaya bertarung pranggal
Gaya bertarung pranggal adalah kemampuan untuk menghindar dari lawan dengan cara ngolong lari memutar , biasa main jarak, jika lawan datangnya ragu ragu, maka dengan nudah akan disikat oleh ayam birma ini.


Setelah mengetahui apa ciri ciri dari ayam birma ini, sekarang kita membahas mengenai keunggulan dari ayam birma ini, adapun keunggulan dari ayam birma ini adalah :

    *Mempunyai gaya bertarung yang sulit dikalahkan
    *Mempunyai jurus maut dalam mengalahkan lawan
    *Mempumyai pergerakan yang lincah
    *Mempunyai teknik mengacau konsentrasi lawan


Nah selain kelebihan, ayam birma juga mempunyai kelemahan, adapun kelemahanya adalah jika terlalu sering kena pukul,karena ayam birma mempunyai tulangan yang cenderung tipis.Nah makanya itu biasanya peternak mengkawin silangkan ayam birma dengan ayam aduan Ras lain.Itu lebih jelasnya kita akan bahas dilain kesempatan.

Semoga bermanfaat.
Salam suksess!!

Artikel Menarik Lainnya: