Warna bulu ayam aduan yang populer

Warna bulu ayam aduan yang populer - Salah satu bagian menarik dari penampilan ayam aduan yaitu warna bulunya yang sangat beragam.beberapa penghobi ayam banyak mengkoleksi ayam aduan sebagai warna,tetapi ada juga penghobi yang fanatik pada warna tertentu.
Berikut ini saya sajikan 7 jenis wana bulu ayam aduan yang sangat populer di kalangan penghobi ayam bangkok.

1.Wiring.
Bulu ayam jantan yang paling populer adalah warna Wiring.warna dasarnya hitam dengan bulu rawis leher dan rawis ekor berwarna kuning kemerahan.jika warna rawis yang dominan adalah kuning keemasan,maka di sebut wiring kuning.jika warna rawis cenderung merah tua kecoklatan disebut wiring Galih.


 
2.Merah(wangkas)
Berbeda dengan wiring yang memiliki warna dasar hitam,wangkas memiliki warna dasar yang hampir sama dengan bulu rawis kuning agak kemerahan.Jika warna bulu cenderung kuning keemasan,biasanya disebut wangkas emas.Sementara itu,untuk ayam yang memiliki warna yang lebih gelap kemerahan disebut dengan wangkas Geni.


 
3.Brumbun(Blorok)
 Warna brumbun atau blorok terdapat pada bulu ayam menyerupai totol-totol hasil gabungan dari berbagai warna.Warna blorok yang sederhana,biasanya hanya terdiri dari warna dasar putih dengan totol hitam dan rawis berwarna merah.


Warna blorok akan menjadi istimewa saat kombonasi warna dasar terlihat lengkap.Yaitu putih,hitam,merah,dan hijau dengan rawis putih kemerahan.Corak warna ini disebut dengan brumbun madu.Namun,jika warna putih lebih dominan di bandingkan dengan warna merah dan hitam,biasa disebut dengan brumbun jalak.

 
4.Kelabu(Klawu)
Klawu memiliki warna dasar abu-abu.apabila bulu rawisnya berwarna gelap atau abu-abu kehitaman,biasanya disebut dengan klawu kethek.Sementara itu,jika rawisnya berwarna kuning kemerahan,disebut klawu geni atau kelabu api.


 
5.Hitam
Sesuai warnanya,warna dasar dan warna rawis ayam aduan ini berwarna hitam.Jika seluruh kulit tubuh,paruh,mata dan sisiknya berwarna hitam,biasa disebut dengan warna cemani.Namun berdasarkan pengalaman di lapangan,untuk ayam petarung jarang memiliki warna seperti cemani.Warna ini biasanya terjadi jika terdapat garis keturunan dengan ayam kampung jenis cemani.


 
6.Jali(Blirik)
Hampir mirip dengan blorok,warna jali merupakan warna campuran beberapa warna dengan pola bintik-bintik atau garis-garis kecil.Kenyataan dilapangan,ayam yang berwarna jali relatif jarang,namun,ada beberapa pengemar yang sangat memburu ayam ini karena kelangkaan dan berkesan eksotis.


 
7.Putih
 Ayam yang memiliki warna dasar putih biasanya disebut putih seta.Beberapa ayam jenis ini ada juga yang memiliki rawis(bulu jago biasa di leher dan punggung) warna lain tetapi warna dasarnya adalah putih.


Itulah sedikit yang bisa saya sajikan dalam hal Warna bulu ayam aduan yang populer dikalangan penghobi ayam.Semoga bermanfaat.
Salam suksess!!


Artikel Menarik Lainnya: