Cara Merawat Ayam Aduan setelah turun arena

Cara Merawat Ayam Aduan setelah turun arena - Saat ayam diadu disitu ayam akan jaul beli pukulan,entah mukul atau dipukul pasti ayam kesayangan kita akan mendapatkan memar ataupun luka setelah diadu.Dan disitulah masa yang kritis dalam merawat ayam kesayangan kita.Bila kita salah merawat bukan tidak mungkin ayam kita bisa sakit ataupun yang paling parah adalah kematian si ayam tersebut.

Maka dari itu, disini saya mencoba membagi trik sedikit perawatan ayam jago aduan setelah turun gelanggang :

  • Setelah pertarungan selesai:
  1. Begitu pertarungan selesai,usahakan meneteskan cairan antibiotik pada luka si ayam,atau bisa mengoleskan daun binahong yang sudah diremas.
  2. Hentikan pendarahan bila ada luka kena jalu,yang biasanya para penghoby menggunakan bubuk kopi hitam,dan bila luka lebar usahakan dijahit dan teteskan cairan antibiotik untuk luka yang dijahit.
  3. Jangan lupa memberikan larutan Gula Aren merah setelah bertarung untuk mengganti sumber karbohidrat karen gula merah lebih mudah diserap oleh ayam.
  4. Usahakan setelah dibawa pulang tempatkan si ayam menyendiri dulu dan jauhkan dari ayam jago lainnya.Agar tidak takut.
  5. Cobalah kumpulkan dengan ayam betina agar naluri mentalnya kembali pulih.
  6. Sesekali ayam dikawinkan,hal ini juga bisa melihat apakah si ayam sudah sehat atau belum.
  • Sehari pasca pertarungan:
Sehari pasca pertarungan ayam akan mengalami keletihn yang sangat tinggi,maka dari itu berikan larutan gula merah,sedikit susu cair dan vitamin serta mineral dengan cara pemberian langsung ketembolok si ayam dengan cara dispet yang ujungnya diberi selang kecil.Bila ayam yidak mau makan,jangan dipaksa pada hari 1 hingga hari ke-3.Usahakan pada tahap ini pemberian karbohidrat dan protein yang mudah diserap ayam.Jangan sekali-kali memberikan makana yang keras,cukup dengan voer dan berikan selalu air minum.
  • Latihan setelah Sembuh:
Setelah kurang lebih 2 minggu pasca bertarung,Anda sudah bisa melatih ayam jagoan anda kembali.Latihan dengan latih tanding ringan dengan waktu 5-10 menit.Usahakan ayam beristirahat cukup,dan jangan memaksa menarungkan ayam untuk berlaga lagi.Karena ayam belum Fit bisa jadi dalam pertarungan ayam anda akan lari sendiri.Mka dari itu tunggulah si Ayam bila sudah benar-benar fit maka bisa diadu lagi.


Jika indikator diatas semua sudah terpenuhi,dan kotorannya sudah kering & bulat-bulat tandanya ayam sudah READY FIGHT.

Demikian cara Merawat Ayam Aduan setelah turun arena. Semoga berjalan dengan baik waktu dipraktekan.
Salam Suksess!!

Artikel Menarik Lainnya: